05 Oktober 2007

Jurus Mengendalikan Dorongan Makan

Melihat aneka hidangan lezat tersaji di meja makan, tentu menggoda. Kita menjadi tertarik untuk makan, tanpa membedakan kebutuhan atau keinginan makan.

Jika rasa lapar adalah adalah rangsangan biologis untuk memastikan tubuh cukup makan, maka keinginan makan atau nafsu makan adalah kumpulan yang komplek dari reaksi kimia tubuh, kebiasaan, perilaku sosial dan kondisi psikis yang tidak mudah dikendalikan.

Namun ini bukan berarti 'nafsu makan' itu tidak bisa dikendalikan atau ditahan lho... Beberapa ahli bahkan telah menemukan cara yang tepat menahan keinginan makan. Cara ini tentu saja sangat berguna bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan program diet atau ingin mempertahankan bentuk tubuh.

Berikut ini adalah jurus paling mudah yang bisa Anda andalkan untuk menahan godaan makan:

Percayai perut Anda

Sebelum tertarik dan menyantap makanan, tanyakan pada diri sendiri, alasan Anda makan. Jika bukan karena lapar, maka segera hentikan.

Mengapa? Karena ada sebagian orang yang menganggap bahwa makanan tidak hanya berfungsi sebagai pengganjal perut lapar atau sebagai sumber energi agar bisa bertahan hidup. Tapi, makanan juga dianggap selingan atau pelarian dari sesuatu. Nah, hal inilah yang biasanya tak berhubungan dengan rasa lapar.

Mengalihkan perhatian dari makanan

Makanan kerap dijadikan pelarian saat seseorang dilanda stres. Jika hal ini juga terjadi pada Anda, maka mulai sekarang cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda pada hal-hal lain yang lebih menguntungkan daripada makanan. Misalnya, jalan-jalan, mendengarkan musik, mengobrol dengan sahabat, atau menonton film. Pokoknya aktivitas apa pun yang bisa memberi rasa nyaman dan relaks.

Nyalakan lilin beraroma

Sendiri di rumah tanpa aktivitas kerap membuat keinginan mengemil semakin besar. Nah, agar hal ini tidak terjadi pada Anda. Cobalah menyalakan lilin bearoma. Penelitian menunjukkan bahwa aroma apel, peppermint dan pisang terbukti dapat menahan nafsu makan.

Mencubit titik saraf

Anda merasa sudah tidak kuasa menahan diri untuk tidak mengemil atau makan? Cobalah mencubit titik saraf yang berfungsi untuk mengendalikan nafsu makan. Letaknya ada di area tulang rawan, tempat rahang Anda menempel tepat di bawah telinga,

Pilih makanan yang mengenyangkan

Agar Anda bisa makan lebih sedikit pada saat waktu makan, sebaiknya konsumsi buah segar serta mengonsumsi air dalam jumlah banyak di antara waktu makan. Pada waktu makan pun pilihlah makanan yang karbohidrat dan protein, karena mengenyangkan.

Tidak ada komentar: